TUGAS
Information Technology
Infrastructure Library (ITIL)
Disusun untuk memenuhi
Tugas
Manaj. Layanan Sistem Informasi #
Disusun
Oleh :
Aditya Calvin Bima
10120042
2KA21
UNIVERSITAS GUNADARMA
2022
BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang
Dengan pesatnya perkembangan Teknologi Informasi (TI),
penggunaan TI sudah merupakan keharusan bagi suatu organisasi saat ini. adapun
penggunaan TI ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dari
organisasi tersebut. Tetapi, layanan TI yang digunakan oleh perusahaan/instansi
membutuhkan pengelolaan/management yang baik agar layanan TI yang digunakan
benar-benar dapat menunjang kualitas layanan dari organisasi tersebut. Dalam
suatu organisasi biasanya memiliki divisi atau bagian yang bertugas dalam
menangani infrastruktur TI. Ada kalanya ketersediaan infrastruktur IT belum
dapat dimaksimalkan, bahkan kesesuaian infrastruktur dengan kepentingan bisnis
belum selaras sehingga mengakibatkan adanya sistem TI yang tidak berjalan
optimal.
Untuk menghindari ketidaksesuaian antara proses bisnis
dengan ketersediaan infrastruktur TI dibutuhkan suatu kerangka kerja yang dapat
digunakan untuk mengelola infrastruktur TI dengan baik. Salah satu pendekatan
yang telah berkembang dengan baik dan dapat diadaptasi sebagai kerangka kerja
IT Service Management (ITSM) adalah IT Infrastructure Library (ITIL). Penerapan
teknik dan proses dengan kerangka kerja ITIL memberikan manfaat-manfaat, yang
diantaranya adalah peningkatan service availability, penghematan financial
sebagai hasil dari pengurangan pengerjaan ulang (rework), lost time, perbaikan
pengelolaan dan penggunaan sumber daya, serta perbaikan dalam hal pengambilan
keputusan dan optimalisasi resiko.
Tujuan
1.
Membahas mengenai
Information Technology Infrastructure Library (ITIL).
2.
Mengetahui
pengertian Information Technology Infrastructure
Library (ITIL).
3.
Mengetahui tahapan layanan
TI menurut Information Technology Infrastructure Library (ITIL).
Batasan Malasah
Makalah ini agar lebih terarah
dan tidak meluas dalam pokok bahasan, maka makalah
akan membataskan yang dilakukan.
BAB II PEMBAHASAN
MATERI
ITIL atau Information Technology Infrastructure
Library adalah suatu rangkaian konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur,
pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI). ITIL diterbitkan dalam
suatu rangkaian buku yang masing-masing membahas suatu topik pengelolaan TI. Nama
ITIL dan IT Infrastructure Library merupakan merek dagang terdaftar dari Office
of Government Commerce (OGC) Britania Raya. ITIL memberikan deskripsi detil
tentang beberapa praktik TI penting dengan daftar cek, tugas, serta prosedur
yang menyeluruh yang dapat disesuaikan dengan segala jenis organisasi TI.
Walaupun dikembangkan sejak dasawarsa 1980-an,
penggunaan ITIL baru meluas pada pertengahan 1990-an dengan spesifikasi versi
keduanya (ITIL v2) yang paling dikenal dengan dua set bukunya yang berhubungan
dengan ITSM (IT Service Management), yaitu Service Delivery (Antar Layanan) dan
Service Support (Dukungan Layanan). Pada 30 Juni 2007, OGC menerbitkan versi
ketiga ITIL (ITIL v3) yang intinya terdiri dari lima bagian dan lebih
menekankan pada pengelolaan siklus hidup layanan yang disediakan oleh teknologi
informasi. Kelima bagian tersebut adalah:
1.
Service
Strategy
2.
Service
Design
3.
Service
Transition
4.
Service
Operation
5.
Continual
Service Improvement
Kelima bagian tersebut dikemas dalam bentuk buku, atau
biasa disebut sebagai core guidance publications. Setiap buku dalam kelompok
utama ini berisi :
1. Practice fundamentals
menjelaskan latar belakang tahapan lifecycle serta
kontribusinya terhadap pengelolaan layanan TI secara keseluruhan.
2. Practice principles
menjelaskan konsep-konsep kebijakan serta tata kelola
tahanan lifecycle yang menjadi acuan setiap proses terkait dalam tahapan ini.
3. Lifecycle processes and activities
menjelaskan berbagai proses maupun aktivitas yang
menjadi kegiatan utama tahapan lifecycle. Misalnya proses financial management
dan demand management dalam tahapan Service Strategy.
4. Supporting organization structures and roles
proses-proses ITIL tidak akan dapat berjalan dengan
baik tanpa definsi roles dan responsibilities. Bagian ini menjelaskan semua
aspek yang terkait dengan kesiapan model dan struktur organisasi.
5. Technology considerations
menjelaskan solusi-solusi otomatisasi atau software
ITIL yang dapat digunakan pada tahapan lifecycle, serta persyaratannya.
6. Practice Implementation
berisi acuan/panduan bagi organisasi TI yang ingin
mengimplementasikan atau yang ingin meningkatkan proses-proses ITIL.
7. Complementary guideline
berisi acuan model-model best practice lain selain
ITIL yang dapat digunakan sebagai referensi bagian tahapan lifecycle.
8.
Examples and templates
berisi
template maupun contoh-contoh pengaplikasian proses.
Overview
mengenai ITIL Framework
ITIL
atau Information Technology Infrastructure Library, merupakan sebuah framework
yang dibuat dan dikembangkan oleh Office of Government Commerce (OGC) di
Inggris. ITIL merupakan kumpulan dari best practice tata kelola layanan
teknologi informasi diberbagai bidang dan industri, dari mulai manufaktur
sampai finansial, industri besar dan kecil, swasta dan pemerintah.
Dalam
perkembangannya ITIL telah mengalami perkembangan seiring dengan berkembangnya
teknologi informasi. Pada awal perkembangannya, dokumentasi ITIL terdiri dari
kurang lebih 40 publikasi yang terbagi kedalam modul-modul terpisah, setelah
itu untuk simplifikasi serta kemudahan implementasi ITIL dibagi kedalam 7
domain yang masing-masing saling berhubungan dan dapat berdiri sendiri. Dalam
perkembangan fase ini atau sekarang disebut juga dengan ITIL versi 2, domain
Service Support dan Service Delivery dijadikan sebagai CORE dalam tata kelola
layanan teknologi informasi atau IT Service Management. Versi terakhir dari ITIL
adalah versi 3. Perubahan mendasar pada versi ini terletak dari sudut pandang
pengelolaan IT, dimana pada versi 2 ITIL mengelola layanan sebagai sekumpulan
proses dan fungsi sementara dalam ITIL versi 3 layanan sebagai sebuah lifecycle
/ daur hidup.
ITIL
mendukung pernyataan bahwa layanan IT harus selaras dengan kebutuhan bisnis dan
mendukung inti dari proses bisnis yang dijalnkan. ITIL pada dasarnya memberikan
panduan kepada organisasi tentang bagaimana menggunakan IT sebagai alat untuk
memfasilitasi perubahan bisnis, transformasi dan pertumbuhan .
Praktik
terbaik ITIL saat ini adalah dalam mericnci lima hal inti yang menyediakan
pendekatan yang sistematis dan profesional untuk pengelolaan layanan IT,
memungkinkan perusahaan untuk memberikan layanan yang tepat dan secara
terus-menerus memastikan bahwa perusahaan memenuhi tujuan bisnis dan memberikan
manfaat ke pelanggannya.Lima panduan inti memetakan seluruh ITIL Service
Lifecycle , dimulai dengan identifikasi kebutuhan dan driver persyaratan TI
pelanggan, melalui desain dan implementasi layanan ke dalam operasi dan
akhirnya , pada pemantauan dan fase perbaikan layanan.
Mengadopsi
ITIL dapat dalam sebuah perusahaan dapat memberikan manfaat, antara lain:
•
Peningkatan layanan IT
•
Mengurangi biaya
•
Meningkatkan kepuasan pelanggan melalui pendekatan yang lebih profesional untuk
pelayanan
•
Peningkatan produktivitas
•
Peningkatan skills dan memperkaya pengalaman
BAB III KESIMPULAN & SARAN
Kesimpulan
seperangkat prosedur dan proses praktik terbaik untuk TI dan
manajemen layanan digital. Ini adalah kerangka kerja yang digunakan oleh
sejumlah besar organisasi untuk memastikan layanan TI sepenuhnya selaras dengan
tujuan utama organisasi. Ini adalah alat vital di tempat kerja digital modern
dan menyediakan struktur yang jelas untuk mencapai transformasi digital. Edisi
terbarunya diluncurkan pada 2019, memastikan kerangka kerja memberikan solusi
terhadap realitas industri layanan TI saat ini.
Saran
Organisasi atau perusahaan
harus lebih menyadari pentingnya pengelolaan layanan yang diberikan kepada
pelanggan ataupun seluruh stakeholder agar dapat mendukung tercapainya tujuan
dari organisasi itu sendiri.
BAB IV REFERENSI
https://prakom.banjarmasinkota.go.id/2020/10/itil-information-technology.html
https://itgid.org/pengertian-itil/
https://www.diligent.com/insights/compliance/what-is-the-itil-framework/#:~:text=The%20Information%20Technology%20Infrastructure%20Library,to%20an%20organization's%20key%20goals.
Komentar
Posting Komentar