Layanan Sistem Informasi E-Commerce

 

TUGAS

Layanan Sistem Informasi.

 E-Commerce (Shopee)

Disusun untuk memenuhi Tugas

Manaj. Layanan Sistem Informasi #








      Disusun Oleh :

 

                      Aditya Calvin Bima

          10120042

            2KA21

 

 

 

UNIVERSITAS GUNADARMA

2022

 

                                                                  BAB I                                                                     PENDAHULUAN

 

Latar Belakang

Perkembangan ilmu (science) maka teknologi (technologi) berkembang sangat pesat, terutama teknologi peralatan komputer dan teknologi peralatan telekomunikasi. Tekonologi komputer dan telekomunikasi telah membawa manusia kedalam era informasi yang mengalir tiada batas. Informasi diperlukan manusia untuk menyelesaikan berbagai keperluan hidupnya, termasuk kehidupannya didalam pekerjaan organisasi. Pekerjaan informasi inilah yang mendukung setiap kegiatan manusia.

Dengan berkembangannya teknologi komputer sebagai alat pengolah data menjadi informasi, maka pekerjaan informasi yang rumit dalam organisasi sangat banyak mengalami perubahan kemudahan. Di era globalilasasi saat ini, tingkat kemajuan teknologi baik secara sadar maupun tidak, telah memberikan kemudahan kepada manusia dalam berbagai bidang, salah satunya adalah dalam bidang perniagaan jual beli.

Dalam melangsungkan kehidupannya, manusia tidak akan pernah lepas dari perihal jual beli, bahkan jauh hari ketika jaman dahulu para pendahulu pun telah mengajarkan untuk melakukan kegiatan perniagaan guna memenuhi kehidupan hidupnya. Dengan bantuan teknologi, seluruh kemudahan bagi umat manusia dapat diwujudkan. Teknologi adalah “a design for instrumental action that reduces the uncertainty in couse- effect relationships involve in achieving a desired outcome”. Teknologi merupakan sebuah perangkat untuk membantu aktivitas kita dan dapat mengurangi ketidakpastian yang disebabkan oleh hubungan sebab akibat yang melengkapi dalam mencapai suatu tujuan. Di internet, jutaan manusia dari berbagai penjuru dunia bertemu dan berkomunikasi setiap harinya. Jika pada masa lampau orang- orang yang berkumpul dikota menciptakan pasar-pasar tradisional pada hari- hari tertentu, sekarang mereka yang terhubung dengan internet menciptakan pasar-pasar modern yang tak mengenal hari. Salah satu wujud pasar modern tersebut adalah toko online.

 

 

 

 

 

Layanan Sistem Informasi

Manajemen Layanan Sistem Informasi adalah suatu metode pengelolaan sistem informasi(SI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan SI terhadap bisnis perusahaan.

Manajemen Layanan Sistem Informasi berfokus pada proses dan karenanya terkait dan memiliki minat yang sama dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses (seperti Six Sigma, ERP, dsb) Disiplin ini tidak memedulikan detail penggunaan produk suatu pemasok tertentu atau detail teknis suatu sistem yang dikelola, melainkan berfokus pada upaya penyediaan kerangka kerja untuk menstrukturkan aktivitas yang terkait dengan sistem informasi dan interaksi antara personel teknis TI dengan pengguna teknologi informasi.

Manajemen Layanan Sistem Informasi umumnya menangani masalah operasional manajemen sistem informasi dan bukan pada pengembangan teknologinya sendiri. Contohnya, proses pembuatan software komputer untuk dijual bukanlah fokus dari disiplin ini, melainkan sistem komputer yang digunakan oleh bagian pemasaran dan pengembangan bisnis di perusahaan perangkat lunak-lah yang merupakan fokus perhatiannya. Banyak pula perusahaan non-teknologi, seperti pada industri keuangan, ritel, dan pariwisata, yang memiliki sistem TI yang berperan penting, walaupun tidak terpapar langsung kepada konsumennya.

 

 

 

 

 

 

Tujuan

1.     Untuk mengetahui perusahaan yang menggunakan manajemen layanan sistem informasi.

2.     Untuk mengetahui kekurangan dari penerapan manajemen layanan sistem informasi pada perusahaan dan sudah mengikuti standar internasional.

 

Batasan Malasah

Agar pembahasan tidak menyimpang dari pokok permasalahan yang sebenarnya, dalam hal ini peneliti memberikan batasan masalah yang akan diteliti. Berdasarkan identifikasi masalah, guna memperjelas arah dan obyek penelitian. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu Pengaruh Free Ongkos Kirim Terhadap Kepuasan Konsumen Online Shop.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                  BAB II                                                                      PEMBAHASAN MATERI

 

Apa itu Shopee?

Shopee adalah sebuah aplikasi yang bergerak dibidang jual beli secara online dan dapat diakses secara mudah dengan menggunakan smartphone. Shopee hadir dalam bentuk aplikasi yang memudahkan penggunanya dalam melakukan kegiatan berbelanja secara online tanpa harus ribet menggunakan perangkat komputer. Namun cukup menggunakan smartphone anda, Shopee akan menawarkan berbagai macam produk-produk fashion hingga produk untuk kebutuhan sehari-hari. Shopee ikut meramaikan pasar Indonesia pada akhir bulan Mei 2015 dan mulai beroperasi sejak Juni 2015.

Shopee merupakan sebuah anak perusahaan dari Garena yang berbasis di Singapura. Meningkatnya penetrasi pengguna gadget membuat PT Shopee Internasional Indonesia melihat peluang baru di dunia e-commerce. Kini Shopee telah menyebar di berbagai Negara di Kawasan Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, Filiphina, dan Indonesia. CEO Shopee, Chris Feng, mengatakan sejak soft launching pada Juni tahun 2016 Aplikasi ini mudah diterima di Asia Tenggara karena kawasan tersebut merupakan kawasan yang gemar bermain media sosial. Bukan rahasia lagi jika masyarakat Indonesia gemar di ranah media sosial. Bahkan media sosial tidak serta merta untuk berkomunikasi kini telah menjelma sebagai kegiatan jual beli. Tidak hanya pembeli tapi Shopee juga memfasilitasi si penjual untuk memasarkan dagangannya dengan mudah serta membekali pembeli dengan proses pembayaran yang aman dan pengaturan logistik yang terintegrasi. Saat ini sudah lebih dari sepuluh juta pengunduh yang telah berlangganan shopee.

Sekarang setidaknya ada seratus orang telah bergabung sebagai karyawan di Shopee Indonesia. Dan bermarkas di Wisma 77 Slipi Jakarta Barat. Sasaran pasar yang paling utama adalah mengincar kalangan muda yang lebih banyak menggunakan gadget apalagi dalam kegiatan memilih barang tanpa ribet. Kesuksesan bisnis Shopee ini karena perusahaan sangat konsisten memfokuskan bisnisnya untuk menghadirkan pengalaman berbelanja melalui ponsel  yang mudah digunakan.

Untuk menunjang aplikasi, Shopee telah menawarkan berbagai kategori produk seperti fashion dan perlengkapan rumah tangga. Ada 26 kategori yang tersedia di Shopee, yaitu :

  • Pakaian Pria
  • Pakaian Wanita
  • Handphone & Aksesories
  • Kecantikan
  • Komputer & Aksesories
  • Perlengkapan Rumah Tangga
  • Fashion Bayi & Anak
  • Ibu & Bayi
  • Sepatu Pria
  • Sepatu Wanita
  • Tas Pria
  • Tas Wanita
  • Jam Tangan
  • Fashion Muslim
  • Elektronik
  • Aksesories Fashion seperti kacamata
  • Kesehatan
  • Hobi & Koleksi
  • Fotografi
  • Makanan & Minuman
  • Olahraga & Outdoor
  • Otomotif
  • Voucher
  • Buku & Alat Tulis
  • Serba Serbi
  • Souvenir & Pesta

 

Beberapa keunggulan Shopee :

  • Menjual barang dengan cukup cepat dan dapat dilakukan hanya dalam waktu 30 detik.
  • Memudahkan si penjual dalam memasarkan barang dagangannya dengan fitur foto. Sehingga bisa mengunggah foto barang hingga Sembilan foto. Hal ini dimaksudkan pembeli bisa menilik lebih jeli tentang barang yang akan ia beli.
  • Ada fitur pemberitahuan tentang sistem pembayaran sampai dengan penyelesaian transaksi. Sehingga memudahkan penjual dalam mengecek transaksi jual beli online.
  • Memberi kemudahan dalam memilih produk seperti memilih varian motif, warna hingga ukuran. Jadi jangan khawatir apabila tidak sesuai.
  • Memiliki layanan gratis ongkis atau ongkos kirim.
  • Memiliki layanan terbaru yang bisa digunakan untuk membayar tagihan listrik PLN.
  • Memiliki tampilan yang dikemas menarik dan dapat digunakan dengan mudah walaupun oleh pengguna yang baru.
  • Menghadirkan fitur Live Chat yang memudahkan pembeli agar bisa langsung berbicara dengan si penjual untuk bisa bertransaksi atau bernegosiasi. Fitur ini sangat memudahkan pengguna shopee karena mengingat pada situs e-commerce atau aplikasi yang lain yang harus menyimpan nomor telepon terlebih dahulu ketiks ingin bertransaksi.
  • Memiliki fitur tawar menawar yang memungkinkan si pembeli untuk menawar harga.
  • Memiliki fitur berbagi yang lengkap agar dengan mudah menyebarkan info ke berbagai situs media sosial atau aplikasi messenger, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Line, Pinterest, Whatsapp.
  • Shopee mengintegrasikan fitur media sosial yang mencakup fungsi hashtag, agar mempermudah pengguna dalam mencari barang atau produk yang sedang popular atau untuk mengikuti tren produk terbaru secara mudah.

 

Shopee memiliki program gratis ongkos kirim atau biasa dikenal dengan free ongkir, gratis ongkos kirim ini merupakan program andalan shopee, Shopee juga menyediakan berbagai promo agar konsumen tertarik untuk berbelanja di shopee seperti free ongkos kirim. Karena Shopee menawarkan program gratis ongkir ini merupakan penawaran yang cukup banyak diinginkan para pembeli online, pasalnya dalam membeli sebuah barang melalui online konsumen harus menambah biaya untuk ongkos dalam pengiriman barang. Adanya Shopee di Indonesia ini tentu membuat banyak sekali masyarakat Indonesia yang mencoba bertransaksi secara online melalui shopee dan menikmati program unggulan free ongkir. Program Free Ongkir ini menjadi salah satu solusi dalam ilmu marketing untuk masyarakat Indonesia untuk menggunakan Shopee dalam jual beli secara online dan aman. 8 Mengingat di era digital seperti sekarang ini sudah banyak ditemui konsumen yang melakukan pembelian secara online, khususnya melalui marketplace Shopee.

Selain hemat waktu, konsumen juga dimudahkan dengan berbagai fitur yang membuatnya merasa aman dalam berbelanja, seperti dapat menarik uangnya kembali apabila penjual tidak mengirimkan barang yang telah dibayar serta dapat memantau barang yang dibeli melalui fitur yang tersedia ketika penjual sudah mengirimkannya dan memasukkan nomor resi pengiriman, sehingga konsumen dapat mengestimasi paket yang akan diterima. Adapun hasil pengamatan awal peneliti menemukan fenomena pada kalangan mahasiswa yang menggunakan situs jual beli online Shopee untuk melakukan pembelian online karena tertarik dengan penawaran free ongkos kirim atau free ongkir yang ada pada aplikasi Shopee.

 

 

 

 

 

 

                                                                  BAB III                                                                    KESIMPULAN & SARAN

 

Kesimpulan                                                                                                                                

Jadi manajemen layanan sistem informasi adalah pengorganisasian seperti menyusun perencanaan, membangun organisasi dan pengorganisasiannya, pergerakan, serta pengendalian atau pengawasan pada proses pemenuhan kebutuhan yang diperlukan dalam sistem informasi.

 

Saran

Di era globalilasasi saat ini, tingkat kemajuan teknologi baik secara sadar maupun tidak, telah memberikan kemudahan kepada manusia. Maka bagi masyarakat yang belum pernah menggunakan e-commerce, disarankan untuk mencoba menggunakannya karena akan lebih mempermudah dan efisien

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                        BAB IV                                                         REFERENSI

 

https://andhikadipto.wordpress.com/2019/04/03/manajemen-layanan-sistem-informasi/

https://www.nesabamedia.com/apa-itu-shopee/

https://badoystudio.com/contoh-sistem-informasi/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Audit Teknologi Informasi

Aspek-aspek dalam application control framework