Layanan Sistem Informasi E-Commerce
TUGAS
Layanan Sistem
Informasi.
E-Commerce (Shopee)
Disusun untuk memenuhi
Tugas
Manaj. Layanan Sistem Informasi #
Disusun
Oleh :
Aditya Calvin Bima
10120042
2KA21
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2022
BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang
Perkembangan ilmu (science) maka teknologi
(technologi) berkembang sangat pesat, terutama teknologi peralatan komputer dan
teknologi peralatan telekomunikasi. Tekonologi komputer dan telekomunikasi
telah membawa manusia kedalam era informasi yang mengalir tiada batas. Informasi
diperlukan manusia untuk menyelesaikan berbagai keperluan hidupnya, termasuk
kehidupannya didalam pekerjaan organisasi. Pekerjaan informasi inilah yang
mendukung setiap kegiatan manusia.
Dengan berkembangannya teknologi komputer sebagai alat
pengolah data menjadi informasi, maka pekerjaan informasi yang rumit dalam
organisasi sangat banyak mengalami perubahan kemudahan. Di era globalilasasi
saat ini, tingkat kemajuan teknologi baik secara sadar maupun tidak, telah
memberikan kemudahan kepada manusia dalam berbagai
bidang, salah satunya adalah dalam bidang perniagaan jual beli.
Dalam
melangsungkan kehidupannya, manusia tidak akan pernah lepas dari perihal jual
beli, bahkan jauh hari ketika jaman dahulu para pendahulu pun telah mengajarkan
untuk melakukan kegiatan perniagaan guna memenuhi kehidupan hidupnya. Dengan
bantuan teknologi, seluruh kemudahan bagi umat manusia dapat diwujudkan.
Teknologi adalah “a design for instrumental action that reduces the uncertainty
in couse- effect relationships involve in achieving a desired outcome”.
Teknologi merupakan sebuah perangkat untuk membantu aktivitas kita dan dapat
mengurangi ketidakpastian yang disebabkan oleh hubungan sebab akibat yang
melengkapi dalam mencapai suatu tujuan. Di internet, jutaan manusia dari
berbagai penjuru dunia bertemu dan berkomunikasi setiap harinya. Jika pada masa
lampau orang- orang yang berkumpul dikota menciptakan pasar-pasar tradisional pada
hari- hari tertentu, sekarang mereka yang terhubung dengan internet menciptakan
pasar-pasar modern yang tak
mengenal hari. Salah satu wujud pasar modern tersebut adalah toko online.
Layanan Sistem Informasi
Manajemen
Layanan Sistem Informasi adalah suatu metode pengelolaan sistem informasi(SI)
yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan SI terhadap
bisnis perusahaan.
Manajemen
Layanan Sistem Informasi berfokus pada proses dan karenanya terkait dan
memiliki minat yang sama dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan
proses (seperti Six Sigma, ERP, dsb) Disiplin ini tidak memedulikan detail
penggunaan produk suatu pemasok tertentu atau detail teknis suatu sistem yang
dikelola, melainkan berfokus pada upaya penyediaan kerangka kerja untuk
menstrukturkan aktivitas yang terkait dengan sistem informasi dan interaksi
antara personel teknis TI dengan pengguna teknologi informasi.
Manajemen
Layanan Sistem Informasi umumnya menangani masalah operasional manajemen sistem
informasi dan bukan pada pengembangan teknologinya sendiri. Contohnya, proses
pembuatan software komputer untuk dijual bukanlah fokus dari disiplin ini,
melainkan sistem komputer yang digunakan oleh bagian pemasaran dan pengembangan
bisnis di perusahaan perangkat lunak-lah yang merupakan fokus perhatiannya.
Banyak pula perusahaan non-teknologi, seperti pada industri keuangan, ritel,
dan pariwisata, yang memiliki sistem TI yang berperan penting, walaupun tidak
terpapar langsung kepada konsumennya.
Tujuan
1.
Untuk mengetahui perusahaan yang menggunakan manajemen layanan sistem
informasi.
2.
Untuk mengetahui kekurangan dari penerapan manajemen layanan sistem
informasi pada perusahaan dan sudah mengikuti standar internasional.
Batasan Malasah
Agar pembahasan
tidak menyimpang dari pokok permasalahan yang sebenarnya, dalam hal ini
peneliti memberikan batasan masalah
yang akan diteliti. Berdasarkan identifikasi masalah, guna memperjelas arah dan
obyek penelitian. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu Pengaruh Free
Ongkos Kirim Terhadap Kepuasan Konsumen Online Shop.
BAB II PEMBAHASAN
MATERI
Apa
itu Shopee?
Shopee adalah sebuah aplikasi yang bergerak
dibidang jual beli secara online dan dapat diakses secara mudah dengan
menggunakan smartphone. Shopee hadir dalam bentuk aplikasi yang
memudahkan penggunanya dalam melakukan kegiatan berbelanja secara online tanpa
harus ribet menggunakan perangkat komputer. Namun cukup menggunakan smartphone anda,
Shopee akan menawarkan berbagai macam produk-produk fashion hingga produk untuk
kebutuhan sehari-hari. Shopee ikut meramaikan
pasar Indonesia pada akhir bulan Mei 2015 dan mulai beroperasi sejak Juni 2015.
Shopee
merupakan sebuah anak perusahaan dari Garena yang berbasis di Singapura.
Meningkatnya penetrasi pengguna gadget membuat PT Shopee Internasional
Indonesia melihat peluang baru di dunia e-commerce. Kini Shopee telah menyebar di berbagai Negara di
Kawasan Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand,
Filiphina, dan Indonesia. CEO Shopee, Chris Feng, mengatakan sejak soft launching pada Juni tahun 2016 Aplikasi ini mudah
diterima di Asia Tenggara karena kawasan tersebut merupakan kawasan yang gemar
bermain media sosial. Bukan rahasia lagi jika masyarakat Indonesia gemar di
ranah media sosial. Bahkan media sosial tidak serta merta untuk berkomunikasi
kini telah menjelma sebagai kegiatan jual beli. Tidak hanya pembeli tapi Shopee juga memfasilitasi si
penjual untuk memasarkan dagangannya dengan mudah serta membekali pembeli
dengan proses pembayaran yang aman dan pengaturan logistik yang terintegrasi.
Saat ini sudah lebih dari sepuluh juta pengunduh yang telah berlangganan
shopee.
Sekarang setidaknya ada seratus orang telah
bergabung sebagai karyawan di Shopee Indonesia. Dan bermarkas di Wisma 77 Slipi
Jakarta Barat. Sasaran pasar yang paling utama adalah mengincar kalangan muda
yang lebih banyak menggunakan gadget apalagi dalam kegiatan memilih barang
tanpa ribet. Kesuksesan bisnis Shopee ini karena perusahaan sangat konsisten
memfokuskan bisnisnya untuk menghadirkan pengalaman berbelanja melalui ponsel
yang mudah digunakan.
Untuk menunjang aplikasi, Shopee
telah menawarkan berbagai kategori produk seperti fashion dan perlengkapan
rumah tangga. Ada 26 kategori yang tersedia di Shopee, yaitu :
- Pakaian Pria
- Pakaian Wanita
- Handphone & Aksesories
- Kecantikan
- Komputer & Aksesories
- Perlengkapan Rumah Tangga
- Fashion Bayi & Anak
- Ibu & Bayi
- Sepatu Pria
- Sepatu Wanita
- Tas Pria
- Tas Wanita
- Jam
Tangan
- Fashion Muslim
- Elektronik
- Aksesories Fashion seperti kacamata
- Kesehatan
- Hobi & Koleksi
- Fotografi
- Makanan & Minuman
- Olahraga & Outdoor
- Otomotif
- Voucher
- Buku & Alat Tulis
- Serba Serbi
- Souvenir
& Pesta
Beberapa keunggulan
Shopee :
- Menjual barang dengan cukup cepat dan dapat
dilakukan hanya dalam waktu 30 detik.
- Memudahkan si penjual dalam memasarkan barang
dagangannya dengan fitur foto. Sehingga bisa mengunggah foto barang hingga
Sembilan foto. Hal ini dimaksudkan pembeli bisa menilik lebih jeli tentang
barang yang akan ia beli.
- Ada fitur pemberitahuan tentang sistem pembayaran
sampai dengan penyelesaian transaksi. Sehingga memudahkan penjual dalam
mengecek transaksi jual beli online.
- Memberi kemudahan dalam memilih produk seperti
memilih varian motif, warna hingga ukuran. Jadi jangan khawatir apabila
tidak sesuai.
- Memiliki layanan gratis ongkis atau ongkos kirim.
- Memiliki layanan terbaru yang bisa digunakan
untuk membayar tagihan listrik PLN.
- Memiliki tampilan yang dikemas menarik dan dapat
digunakan dengan mudah walaupun oleh pengguna yang baru.
- Menghadirkan fitur Live Chat yang memudahkan pembeli agar bisa
langsung berbicara dengan si penjual untuk bisa bertransaksi atau
bernegosiasi. Fitur ini sangat memudahkan pengguna shopee karena mengingat
pada situs e-commerce atau aplikasi yang lain yang harus menyimpan nomor
telepon terlebih dahulu ketiks ingin bertransaksi.
- Memiliki fitur tawar menawar yang memungkinkan si
pembeli untuk menawar harga.
- Memiliki fitur berbagi yang lengkap agar dengan
mudah menyebarkan info ke berbagai situs media sosial atau aplikasi messenger, seperti Facebook, Instagram, Twitter,
Line, Pinterest, Whatsapp.
- Shopee mengintegrasikan fitur media sosial yang
mencakup fungsi hashtag, agar mempermudah pengguna dalam mencari barang
atau produk yang sedang popular atau untuk mengikuti tren produk terbaru
secara mudah.
Shopee
memiliki program gratis ongkos kirim atau biasa dikenal dengan free ongkir,
gratis ongkos kirim ini merupakan program andalan shopee, Shopee juga menyediakan
berbagai promo agar konsumen tertarik untuk berbelanja di shopee seperti free
ongkos kirim. Karena Shopee menawarkan program gratis ongkir ini merupakan
penawaran yang cukup banyak diinginkan para pembeli online, pasalnya dalam
membeli sebuah barang melalui online konsumen harus menambah biaya untuk ongkos
dalam pengiriman barang. Adanya Shopee di Indonesia ini tentu membuat banyak
sekali masyarakat Indonesia yang mencoba bertransaksi secara online melalui
shopee dan menikmati program unggulan free ongkir. Program Free Ongkir ini
menjadi salah satu solusi dalam ilmu marketing untuk masyarakat Indonesia untuk
menggunakan Shopee dalam jual beli secara online dan aman. 8 Mengingat di era
digital seperti sekarang ini sudah banyak ditemui konsumen yang melakukan
pembelian secara online, khususnya melalui marketplace Shopee.
Selain
hemat waktu, konsumen juga dimudahkan dengan berbagai fitur yang membuatnya
merasa aman dalam berbelanja, seperti dapat menarik uangnya kembali apabila penjual
tidak mengirimkan barang yang telah dibayar serta dapat memantau barang yang
dibeli melalui fitur yang tersedia ketika penjual sudah mengirimkannya dan
memasukkan nomor resi pengiriman, sehingga konsumen dapat mengestimasi paket
yang akan diterima. Adapun hasil pengamatan awal peneliti menemukan fenomena
pada kalangan mahasiswa yang menggunakan situs jual beli online Shopee untuk
melakukan pembelian online karena tertarik dengan penawaran free ongkos kirim
atau free ongkir yang ada pada aplikasi Shopee.
BAB III KESIMPULAN & SARAN
Kesimpulan
Jadi manajemen layanan
sistem informasi adalah pengorganisasian seperti menyusun perencanaan,
membangun organisasi dan pengorganisasiannya, pergerakan, serta pengendalian
atau pengawasan pada proses pemenuhan kebutuhan yang diperlukan dalam sistem
informasi.
Saran
Di
era globalilasasi saat ini, tingkat kemajuan teknologi baik secara sadar maupun
tidak, telah memberikan kemudahan kepada
manusia. Maka bagi masyarakat yang belum pernah menggunakan e-commerce, disarankan
untuk mencoba menggunakannya karena akan lebih mempermudah dan efisien
BAB IV REFERENSI
https://andhikadipto.wordpress.com/2019/04/03/manajemen-layanan-sistem-informasi/
https://www.nesabamedia.com/apa-itu-shopee/
https://badoystudio.com/contoh-sistem-informasi/
Komentar
Posting Komentar