Model Bisnis
TUGAS
Model Bisnis
Disusun untuk memenuhi
Tugas
Manaj. Layanan Sistem Informasi #
Disusun
Oleh :
Aditya Calvin Bima
10120042
2KA21
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2022
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Bagi
yang sedang merencanakan sebuah bisnis baru, mungkin kalian harus mengetahui
dan memahami terlebih dahulu tentang model bisnis. Model bisnis merupakan
komponen yang memiliki peran yang sangat penting saat kita menjalankan sebuah
bisnis baru. Dengan model bisnis, kalian dapat mengidentifikasi sebuah target
pasar, aliran produksi, produk, hingga anggaran yang dibutuhkan. Karenanya,
dengan memiliki business model ini kalian bisa mendapat keuntungan yang lebih
banyak nantinya.
Model
bisnis adalah elemen terpenting untuk kesuksesan startup atau bisnis apapun
yang membuka nilai dalam jangka panjang. Di lain sisi, mengembangkan model
bisnis ini tidak hanya terpaku dengan strategi monetisasi saja.
Dalam
mengembangkan model bisnis, perusahaan dapat menciptakan nilai atau value untuk
pemangku kepentingan (shareholder). Jadi intinya, model bisnis adalah bagaimana
cara membuat pengguna menggunakan layanan, produk, jasa, atau aplikasi kalian
dalam jangka waktu lama.
Jadi
dari business model ini kalian bisa melihat solusi dan nilai dari bisnis yang
kalian punya yang dapat kalian kembangkan dan melewati masalah yang sedang terjadi.
Singkatnya, kalian akan menggabungkan potongan-potongan elemen tersebut untuk
menjadi sebuah solusi yang terbaik untuk bisnis atau startup kalian.
Tujuan
1.
Untuk membantu perusahaan atau startup dalam merancang perencanaan bisnis
2.
Serta untuk menetapkan dan memvalidasi poin-poin penting dari lini
bisnis, mulai dari aktivitas, sumber daya, hubungan dengan customer,
pendapatan, dan pengeluaran.
Batasan Malasah
Agar pembahasan
tidak menyimpang dari pokok permasalahan yang sebenarnya, dalam hal ini
peneliti memberikan batasan masalah
yang akan diteliti. Berdasarkan identifikasi masalah, guna memperjelas arah dan
obyek penelitian. Materi
yang dibahas dalam penelitian ini yaitu model
bisnis.
BAB II PEMBAHASAN
MATERI
Model bisnis franchise (Rembrandt’s Coffee)
Bisnis
waralaba atau yang lebih dikenal dengan franchise ini sebenarnya bukan model
bisnis baru. Secara
umum, bisnis waralaba merupakan salah satu model bisnis yang berjalan antara
pemilik brand atau merek dengan pemodal. Di mana, pemilik brand tersebut
memberikan hak untuk menjalankan usahanya termasuk penggunaan merek sesuai
dengan ketentuan yang telah disepakati bersama.
Sedangkan
franchise merupakan istilah bahasa asing dari waralaba. Dengan sistem waralaba,
pemilik modal tidak perlu membangun merek dan sistem kerja bisnis dari awal. Bisnis franchise atau
kemitraan merupakan bisnis yang bisa menjadi jalan pintas dalam menjalankan
usaha yang tidak perlu rencana bisnis dari awal. Di bandingkan dengan
mendirikan bisnis sendiri, memilih jenis bisnis ini bisa memberikan peluang
sukses yang lebih besar. Kemitraan
merupakan kerjasama antara usaha kecil dan menengah atau dengan usaha besar
disertai pembinaan dan pengembangan oleh usaha menengah atau usaha besar dengan
prinsip saling memerlukan, saling memperkuat dan saling menguntungkan. Salah satu keuntungan
yang bisa di
dapatkan jika menjalankan bisnis franchise yaitu manajemen bisnis sudah
terbentuk dan berjalan dengan baik.
Mengusung
konsep grab-and-go, Rembrandt’s Coffee
menjadi salah satu coffee-chain dengan pertumbuhan brand yang termasuk cepat.
Menghadirkan kopi lokal Indonesia
dengan penyajian yang high-quality ke seluruh wilayah Indonesia dan jangkauan
luar. Rembrandt’s Coffee
menggunakan biji kopi asli dari Indonesia yang ditanam oleh petani lokal. Salah
satu biji kopi yang digunakan berasal dari daerah Banjarnegara,
Bisnis
es kopi kekinian ini
terlihat sangat menjanjikan untuk coba
di geluti, hal ini karena kebiasaan minum kopi yang
semakin meningkat di kalangan generasi muda, salah satu merek gerai kopi yang baru saja memulai bisnisnya
yaitu Rembrandt’s Coffee. Coffee shop yang hampir
setiap saat selalu ramai dan menjadi tempat tongkrongan membuat peluang bisnis
franchise kopi ini. Salah
satu pionir yang memulai persaingan es kopi susu ini adalah Rembrandt’s Coffe,
sebagai salah satu perintis rantai.
kopi
grab and go yang pertama kali beroperasi di tahun 2022, didirikan oleh Aditya Calvin.
Komponen-komponen bisnis model pada Rembrand’s Coffee
·
Value
proposition : Mengusung
konsep grab-and-go, Rembrandt’s Coffee
menjadi salah satu coffee-chain dengan pertumbuhan brand yang termasuk cepat.
·
Target market : Generasi muda. Kebiasaan minum kopi yang
semakin meningkat di kalangan generasi mud
·
Competitive
advantage : Menghadirkan
kopi lokal Indonesia
dengan penyajian yang high-quality ke seluruh wilayah Indonesia dan jangkauan
luar
·
Channels : Bisa memasarkan bisnis kalian melalui kanal media
sosial, brosur, radio, iklan banner, website, dan masih banyak lainnya.
·
Revenue
streams : Rembrandt’s Coffee akan
mengeluarkan menu baru setiap bulan-nya yang akan menarik pelaanggan untuk
membelinya
Bisnis coffee shop
saat ini memang sedang mengalami peningkatan yang sangat pesat. Di kota besar,
bahkan selalu bisa menjumpai kedai baru hampir setiap minggu. Meskipun begitu,
tidak sedikit juga kedai yang gulung tikar akibat rugi di tahun pertama mereka
berdiri. Salah satunya adalah persaingan yang sangat ketat, tidak hanya
menuntut owner coffee shop untuk kreatif dari segi pemasaran, tapi juga
memiliki sistem manajemen bisnis yang rapi. Hal ini sudah tidak bisa diabaikan,
jika bisnis masih ingin terus bertahan dan berkembang. cara jitu untuk mengembangkan bisnis coffee
shop.
1.
Bangun
Branding yang Kuat
Sebelum melangkah dengan strategi yang akan susun
lebih jauh, pastikan sudah memiliki branding yang solid terlebih dahulu. Maksud
dari branding disini tidak hanya sekedar logo, package designs dan slogan saja
benar-benar harus memiliki gaya komunikasi, visual guideline, product identity,
value perusahaan, dan masih banyak lagi.
2.
Kembangankan
Menu
Memiliki menu yang lebih variatif tertentu dapat
menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan coffee shop. Menurut
Nahabedian, seorang pengusaha restoran NAHA di Chicago, menu yang tidak berubah
bisa menjadi bumerang, ketika konsumen merasa bosan dan memilih.
3.
Maksimalkan
Social Media untuk Pemasaran
Social media nampaknya masih menjadi media yang paling
efektif saat ini untuk memperluas pasar serta meningkatkan penjualan. Bahkan
untuk bisnis coffee shop, social media dinilai sebagai bagian utama dari setiap
inisiatif pemasaran digital yang dapat dibuat. Untuk itu, tentukanlah terlebih
dahulu channel apa saja yang ingin di gunakan. Setelah itu, buatlah konten yang
sesuai dengan karakteristik tiap channel social media yang dimiliki. Misalnya
untuk instagram, dapat memfokuskan konten dengan visual yang kuat. Sedangkan
untuk twitter, buatlah tulisan yang benar-benar kuat dan mampu memancing
conversation. Jangan lupa untuk menggunakan fitur ads yang ada pada tiap
channel agar konten sampai ke lebih banyak audience.
4.
Adakan
Berbagai Event
Manfaatkan ruang yang ada di coffee shop untuk
menjalankan berbagai event seperti musik, workshop, mini-exhibition dan lain
sebagainya. Ajaklah berbagai komunitas atau seniman untuk bekerjasama.
Manfaatkan social media mu dan pihak yang bekerjasama untuk memasarkan
acara.Dengan audience yang mereka miliki, coffee shop sangat berpotensi untuk
mendapatkan pelanggan baru
BAB III
KESIMPULAN & SARAN
Kesimpulan
Model bisnis adalah gambaran
mengenai bagaimana usaha atau bisnis yang akan Anda lakukan. Lingkup product
design hingga strategi marketing tiap business model berbeda satu sama lainnya.
Saran
Pebisnis harus lebih menyadari pentingnya model bisnis agar dapat mendukung tercapainya bisnis yang baik
BAB IV
REFERENSI
https://www.kreditpintar.com/education/model-bisnis
https://www.info.populix.co/post/model-bisnis
https://www.joinan.co.id/blog/model-bisnis-franchise-vs-kemitraan-kamu-pilih-yang-mana/
https://www.jurnal.id/id/blog/memahami-seluk-beluk-bisnis-franchise/
https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/bisnis/bisnis-franchise-kenali-pengertian-dan-keuntungannya
Komentar
Posting Komentar